Metode Riset Analisis Jurnal 2

-->
Judul               : Studi Kelayakan Usaha Untuk Pengembahangan Usaha Warung Internet Borneo
Pengarang      : Rio Ferdianto
Tahun             : 2010
Tema              : Kelayakan Investasi Usaha Warung Internet
BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang

Kemajuan teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat, bahkan setiap detik yang kita lewati saat itu pula teknologi informasi akan cepat berubah. Saat ini teknologi informasi berjalan berdampingan sejalan dengan perkembangan manusia. Dengan kemajuan ini diperlukan adanya sarana informasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan ataupun mengirimkan informasi yang ada, salah satunya adalah media internet.

Keberadaaan internet saat ini bukan hal asing lagi untuk masyarakat banyak. Tidak hanya digunakan oleh kalangan pembisnis saja, internet digunakan mulai dari instansi-instansi pemerintah, mahasiswa, bahkan pelajar pun sudah diperkenalkan dengan media internet sejak bangku sekolah dasar. Karena dengan adanya internet kita dapat mengefisiensikan waktu dan biaya, dengan fasilitas yang terdapat diinternet kita bisa mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Namun, tidaklah masyarakat yang memiliki internet, dikarenakan factor biaya. Untuk itu jasa-jasa rental internet dapat menjadi alternatif yang ada.

Banyaknya kebutuhan akan internet, memberikan peluang usaha baru bagi masyarakat yang tentunya ingin menginvestasikan modalnya untuk membuka jasa penyewaan internet, salah satunya adalah Warnet Borneo. Warnet ini sudah berjalan sekitar 2 tahun, terhtung sejak tahun 2008. Dengan memperhatikan kebutuhan konsumen tentunya sangat memperhatikan beberapa aspek baik dari pemilihan tempat yang strategis misalnya didekat kampus, lingkungan sekolah, pemukiman masyarakat dan tentunya memberikan kenyamanan dengan menggunakan provider yang baik dengan fasilitas kenyamanan didalm warnet itu sendiri.

Dilihat dari banyaknya permintaan konsumen ini, Warnet Borneo ingin mengembangkan usaha dengan memperbanyak jumlah unit komputer. Dengan adanya pengembangan usaha ini, maka perlu dilakukan study kelayakan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya jika telah melakukan penanaman modal yang cukup besar akan tetapi sejalan dengan berjalannya warnet tidak memperoleh keuntungan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti kelayakan pengembangan usaha tersebut dengan judul “STUDY KELAYAKAN USAHA UNTUK PENGEMBANGAN WARUNG INTERNET BORNEO”.

Rumusan dan Batasan Masalah

Rumusan masalah dalam penelitian ilmiah ini adalah apakah rencana pengembangan usaha dengan melakukan penambahan investasi baru berupa komputer pada warung internet Borneo di jln.Kayu Putih No 70, Pondok Cabe Udik, layak dilakukan dan dapat memberikan keuntungan ? Dimana dalam penelitian ini, penulis membatasi masalah pada aspek keuangan berupa penilaian investasi yang didasarkan pada data-data tahun 2009 dengan menggunakan metode Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), dan Profitabilility Index (PI).

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ilmiah ini adalah untuk mengetahui layak tidaknya rencana pengembangan usaha memperbanyak jumlah unit computer.

Manfaat Penelitian

Manfaat Akademik

1. Bagi akademik, penulisan ini diajukan guna melengkapi syarat-syarat untuk mencapai gelar ekonomi setara sarjana muda pada Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.
2. Bagi analis, penelitian ilmiah ini diharapkan dapat menunjang proses belajar studi kelayakan proyek bagi mahasiswa dan meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita tentang pentingnya melakukan studi kelayakan sebelum mengembangkan usaha.

Manfaat praktis

1. Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan berinvestasi untuk pengembangan usaha bagi badan usaha tersebut.

2. Sebagai bahan acuan untuk seseorang atau badan usaha lain dalam berinvestasi untuk mendirikan mau pun mengembangkan usahanya.

Metode Penelitian

Objek Penelitian

Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah suatu badan usaha yang bergerak dibidang jasa penyewaan internet yaitu Warnet Borneo yang berlokasi Jln.Kayu Putih No 70, Pondok Cabe Udik.

Data / Variabel yang digunakan

Data yang digunakan dalam penelitian ini data sekunder yang berupa laporan keuangan warnet Borneo tahun 2009.

1.5.3 Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data / variable dan keterangan serta informasi yang relevan, maka penulis melakukan pengumpulan data dengan cara sebagai berikut :

1. Penelitian Lapangan

Penelitian ini dilakukan secara langsung terhadap objeknya guna mendapatkan data primer maupun data sekunder yang diperlukan untuk penelitian ilmiah ini.

2. Penelitian Pustaka

Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui buku-buku yang ada didalam ataupun diluar perpustakaan sebagai landasan teoritis untuk menganalisa data yang diperoleh di lapangan.

1.5.4 Alat Analisis yang Digunakan

Dalam penulisan ilmiah ini, alat analisis yang digunakan adalah Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), dan Profitability Index (PI).