Nama : Nidia Puspa
Vitaloka
Kelas : 3EA13
NPM : 14210971
LAPORAN
1.
Definisi Laporan
Laporan adalah karangan yang berisikan
paparan peristiwa/kegiatan yang telah dilakukan. Laporan dapat berupa
laporan perjalanan, laporan kegiatan atau laporan pengamatan. Topik laporan
adalah pokok yang dibicarakan atau dibahas dalam laporan.
2.
Ciri laporan yang baik :
·
Ditulis
dalam bahasa yang baik dan jelas.
·
Didasarkan
oleh fakta yang benar dan meyakinkan.
·
Disajikan
secara lengkap.
·
Menarik
dan enak dibaca.
3. Fungsi Laporan :
·
pertanggungjawaban
bagi orang yang diberi tugas
·
landasan
pimpinan dalam mengambil kebijakan/keputusan
·
alat
untuk melakukan pengawasan
·
dokumen
sebagai bahan studi dan pengalaman bagi orang lain.
4. Macam-macam Laporan
Macam-macam laporan menurut
bentuknya:
·
laporan
berbentuk formulir
·
laporan
berbentuk surat
·
laporan
berbentuk memorandum (memo)
·
laporan
berbentuk naskah
·
laporan
berbentuk buku
5. Dasar – dasar membuat Laporan
a. Clear
Kejelasan suatu laporan diperlukan baik kejelasan dalam pemakaian bahasa, istilah, maupun kata-kata harus yang mudah dicerna, dipahami dan dimengerti bagi si pembaca.
b. Mengenai sasaran
permasalahannya
Caranya dengan jalan menghindarkan pemakaian kata-kata yang
membingungkan atau tidak muluk-muluk, demikian juga hal dalam penyusunan
kata-kata maupun kalimat harus jelasm singkat jangan sampai melantur
kemana-mana dan bertele-tele yang membuat si pembaca laporan semakin bingung
dan tidak mengerti.
c.
Lengkap (complete)
Kelengkapan tersebut menyangkut :
·
Permasalahan
yang dibahas harus sudah terselesaikan semua sehingga tidak menimbulkan tanda
Tanya
·
Pembahasan
urutan permasalahan harus sesuai dengan prioritas penting tidaknya permasalahan
diselesaikan
d.
Tepat waktu dan cermat
Tepat waktu sangat diperlukan dalam penyampaian laporan kepada
pihak-pihak yang membutuhkan karena pihak yang membutuhkan laporan untuk
menghadapi masalah-masalah yang bersifat mendadak membutuhkan pembuatan laporan
yang bisa diusahakan secepat-cepatnya dibuat dan disampaikan.
e.
Tetap (consistent)
Laporan yang didukung data-data yang bersifat tetap dalam arti selalu
akurat dan tidak berubah-ubah sesuai dengan perubahan waktu dan keadaan akan
membuat suatu laporan lebih dapat dipercaya dan diterima.
f.
Objective dan Factual
Pembuatan laporan harus berdasarkan fakta-fakta yang bisa dibuktikan
kebenarannya maupun dibuat secara obyektif.
g. Harus ada proses timbal balik
·
Laporan
yang baik harus bisa dipahami dan dimengerti sehingga menimbulkan gairah dan
minat si pembaca
·
Jika si
pembaca memberikan respon berarti menunjukkan adanya proses timbal balik yang
bisa memanfaatkan secara pemberi laporan maupun si pembaca laporan
6.
Menganalisis Laporan
Menganalisis
laporan berarti melakukan suatu kajian atau penelitian terhadap suatu
laporan. Ada beberapa langkah dalam menganalisis laporan, yaitu
:
·
Memahami isi laporan dari bentuk, isi,
maupun kebahasaan.
·
Menguraikan secara detail atau rinci
pokok-pokok isi laporan.
·
Memberikan suatu pandangan atau pendapat
terhadap laporan berdasarkan suatu teori atau definisi.
Setelah
memahami isi laporan, kalian dapat menuliskan pokok-pokok isi laporan yang
terdapat pada 5W+1H (what, who, when, why, where, how = apa, siapa,
kapan, mengapa, di mana, bagaimana).
7.
Sistematika Laporan Secara Umum
Seperti
yang telah diungkapkan sebelumnya, bahwa pada dasarnya setiap sistematika
laporan itu memiliki 3 bagian utama dan di antara 3 bagian utama itu ada
bagian-bagian lagi yang dinamakan subbagian. Berikut adalah sub-sub bagian yang
pasti ada di setiap jenis laporan.
Judul
Dalam
lembar judul, didalamnya mencakup judul laporan, yang telah menulis/membuat
laporan,
dan tanggal saat laporan tersebut ditulis/disampaikan.
Kata Pengantar
Dalam
lembar kata pengantar, didalamnya berisi ucapan terima kasih kepada orang-orang
atau organisasi yang telah membantu pelaksanaan kegiatan yang sedang
dilaporkan.
Daftar Isi
Seperti
dalam sebuah buku, dalam laporan juga harus menyertakan daftar isi. Hal ini
dimaksudkan adalah agar mempermudah pengguna dalam mencari hal-hal yang
dibutuhkan.
Abstrak/ringkasan
Abstrak adalah bagian yang paling penting dari laporan dan juga (mungkin) satu-satunya bagian yang dibaca secara rinci oleh pengguna laporan. Karenanya, abstrak harus hati-hati ditulis dan harus berisi gambaran lengkap dari pesan dalam laporan tersebut, dengan ringkasan yang jelas
Abstrak/ringkasan
Abstrak adalah bagian yang paling penting dari laporan dan juga (mungkin) satu-satunya bagian yang dibaca secara rinci oleh pengguna laporan. Karenanya, abstrak harus hati-hati ditulis dan harus berisi gambaran lengkap dari pesan dalam laporan tersebut, dengan ringkasan yang jelas
tentang
rekomendasi yang akan diberikan.
Ruang Lingkup dan
Tujuan
Bagian
ini harus mendefinisikan ruang lingkup dan keterbatasan penyelidikan dan
tujuan-tujuan
khusus
yang ingin dicapai.
Metodologi
Bagian ini menjelaskan bagaimana menyelidiki daerah tersebut. Bagaimana mengumpulkan informasi, dari mana dan berapa banyak (misalnya jika menggunakan survei, bagaimana survei dilakukan, bagaimana memutuskan pada kelompok sasaran, berapa banyak yang disurvei, bagaimana mereka disurvei -? Oleh wawancara atau kuesioner).
Bagian ini menjelaskan bagaimana menyelidiki daerah tersebut. Bagaimana mengumpulkan informasi, dari mana dan berapa banyak (misalnya jika menggunakan survei, bagaimana survei dilakukan, bagaimana memutuskan pada kelompok sasaran, berapa banyak yang disurvei, bagaimana mereka disurvei -? Oleh wawancara atau kuesioner).
Pendahuluan/Latar
Belakang
Hal
ini akan membantu untuk menyempurnakan pembaca ke dalam latar belakang laporan
Anda. Berisi secara detail mengenai latar belakang laporan-tapi ingat untuk
tetap relevan, faktual dan singkat.
Analisa/Pembahasan
Ini adalah tubuh utama laporan, di mana ide-ide dikembangkan. Pastikan bahwa yang dikembangkan terstruktur, judul yang jelas, dan bahwa pembaca/pengguna dapat menemukan informasi dengan mudah. Sifat bagian ini akan tergantung pada ruang lingkup laporan. Bagian harus berurusan dengan topik utama yang dibahas - harus ada urutan logis, bergerak dari deskriptif ke analitis. Selain itu, harus berisi informasi yang cukup untuk membenarkan kesimpulan dan rekomendasi yang mengikuti. Pemilihan informasi yang tepat sangat penting di sini: jika informasi penting untuk membantu memahami, maka harus dimasukkan; informasi
Ini adalah tubuh utama laporan, di mana ide-ide dikembangkan. Pastikan bahwa yang dikembangkan terstruktur, judul yang jelas, dan bahwa pembaca/pengguna dapat menemukan informasi dengan mudah. Sifat bagian ini akan tergantung pada ruang lingkup laporan. Bagian harus berurusan dengan topik utama yang dibahas - harus ada urutan logis, bergerak dari deskriptif ke analitis. Selain itu, harus berisi informasi yang cukup untuk membenarkan kesimpulan dan rekomendasi yang mengikuti. Pemilihan informasi yang tepat sangat penting di sini: jika informasi penting untuk membantu memahami, maka harus dimasukkan; informasi
yang
tidak relevan harus dihilangkan.
Kesimpulan
Kesimpulan diambil dari analisis di bagian sebelumnya dan harus jelas dan ringkas. Mereka juga harus berkaitan dengan kajian teoritis yang menjadi acuan. Pada tahap ini, tidak ada informasi baru dapat dimasukkan.
Kesimpulan diambil dari analisis di bagian sebelumnya dan harus jelas dan ringkas. Mereka juga harus berkaitan dengan kajian teoritis yang menjadi acuan. Pada tahap ini, tidak ada informasi baru dapat dimasukkan.
Rekomendasi
Pastikan bahwa yang disoroti adalah apa yang pembaca/pengguna ingin tahu dan apa yang harus mereka lakukan sebagai hasil dari membaca laporan, karena tujuan mereka membaca laporan BUKAN untuk menggali informasi. Jadi usahakan, jangan menggunakan kata “disarankan”. Seperti Kesimpulan, rekomendasi-rekomendasi harus jelas berasal dari tubuh utama laporan dan informasi baru juga harus disertakan.
Pastikan bahwa yang disoroti adalah apa yang pembaca/pengguna ingin tahu dan apa yang harus mereka lakukan sebagai hasil dari membaca laporan, karena tujuan mereka membaca laporan BUKAN untuk menggali informasi. Jadi usahakan, jangan menggunakan kata “disarankan”. Seperti Kesimpulan, rekomendasi-rekomendasi harus jelas berasal dari tubuh utama laporan dan informasi baru juga harus disertakan.
Daftar Pustaka
Daftar
Pustaka berisi materi tambahan yang tidak secara khusus disebut, namun yang
pembaca
mungkin
ingin untuk menindaklanjuti.
Apendiks
Gunakan ini untuk memberikan informasi lebih rinci yang pembaca/pengguna mungkin perlu untuk referensi. Lampiran harus relevan dan harus diberi nomor sehingga mereka bisa disebut dalam tubuh utama
Gunakan ini untuk memberikan informasi lebih rinci yang pembaca/pengguna mungkin perlu untuk referensi. Lampiran harus relevan dan harus diberi nomor sehingga mereka bisa disebut dalam tubuh utama
Glossari
Glossari dibutuhkan jika di dalam laporan ada kata-kata baru yang sekiranya belum dimengerti oleh pembaca/pengguna.
Sumber :